Sifat dan Kebiasaan Yang Harus Dimiliki Saat Kerja

Dunia kerja memang sangat luas dan tak dapat diduga. Untuk Fresh Graduate mungkin akan kaget saat memasuki dunia kerja karena di dalamnya ada banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi saat kerja. Untuk menyikapinya ada beberapa Sifat dan Kebiasaan yang harus dimiliki untuk memasuki dunia kerja.

BELAJAR! (LEARN!)
Saat kalian memasuki dunia kerja, jangan pernah berhenti belajar! Gunakan internet untuk mencari ilmu yang berhubung dengan tugas yang kalian kerjakan. Kunjungi perpustakan untuk mencari ilmu baru dan reverensi. Belilah buku untuk mengembangkan kemampuan kalian. Tidak semua yang kalian pelajari di bangku kuliah akan terpakai di dunia kerja. Kalian harus mencari dan belajar ilmu baru untuk membantu kalian mengerjakan tugas dan pekerjaan kalian.

JANGAN MALAS! (DONT BE LAZY!)
Ini yang sangat utama. Di dunia kerja kalian tidak bisa duduk bermalas-malasan. Kalian harus bisa mengerjakan tugas dan pekerjaan kalian tepat waktu dengan baik. Gunakan setiap detik waktu kerja kalian untuk segala sesuatu yang berguna dan membantu tugas dan pekerjaan kalian. Jangan buang detik kerja kalian tanpa melakukan apapun.

BICARALAH! (SPEAK UP!)
Jika ada pertanyaan yang tidak dimengerti, tanyakan. Jika ada pendapat mengenai ide, utarakan. Jika ada ide mengenai proyek baru, katakan. Jangan duduk diam menonton lingkungan kerja kalian! Bicaralah! Dengan kalian berbicara, kalian membantu banyak perkembangan proyek dan tugas di tempat kerja kalian.

TERLIHATLAH! (BE VISIBLE!)
Jangan menjadi pribadi yang pasif di tempat kerja kalian. Buat diri kalian menjadi banyak dikenal dan diketahui di tempat kerja karena keaktifan kamu di tempat kerja.

MUDAH DICARI! (BE FOUND!)
Setiap anda mengutarakan ide, buat ide kalian mudah ditemukan, diterima, diterapkan oleh rekan kalian. Seperti posting di blog info perusahaan. Saat kalian mendapat ilmu baru, bagikan ilmu itu kepada rekan kerja kalian. Jangan disimpan untuk diri sendiri. Seperti di share di blog pribadi atau website, sehingga orang lain tinggal mengunjungi blog atau website kalian untuk mencari ilmu baru.

MENJADI LUAR BIASA! (BE AWESOME!)
Buat dirimu menjadi pribadi yang unik dan berbeda. Berbeda bukanlah aneh, tapi unik! Buat dirimu bisa membuat ide dan imajinasi yang luas dan tak terbatas dalam satu tempat. Buat orang lain menilai betapa unik, berbeda dan kreatifnya dirimu.

JANGAN RENDAH DIRI!
Di dunia kerja kalian tidak boleh rendah diri. Jangan segan-segan pamer kemampuan kalian! Tunjukkan kalau kalian bisa mengerjakan tugas tersebut! Atasan tidak akan tahu kalau kamu hebat kalau kamu tidak memamerkan kemampuanmu. Jangan harap atasan akan melihatmu kalau kalian hanya duduk diam. RENDAH HATI itu boleh, tapi tidak dengan rendah diri.


Tulisan ini dibuat berdasarkan hasil seminar Career Path dari YOT (Young On Top)

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas Softskill Bahasa Indonesia 1

0 comments:

Makasi atas komentarnya.